Kabar Kalimantan

Tembok Disulap Jadi Grafiti, Obyek Wisata Baru di Balikpapan

Kegiatan yang digelar sejak Sabtu (8/4) ini adalah garapan Rajab dengan mengundang seniman dari berbagai kota. Ada seniman dari Samarinda, Banjarmasin

Tembok Disulap Jadi Grafiti, Obyek Wisata Baru di Balikpapan
TRIBUNKALTIM.CO/ALFIAH NOOR RAMADHANY
Grafiti, salah satu karya seniman asal Banjarmasin, Jeffry Andika, pada event Reload Your Cans 2 di jln Johor Balikpapan, Sabtu (9/4/2017) 

TRIBUNKALTENG.COM, BALIKPAPAN - Orang biasanya melukis di atas kertas dan kanvas. Lalu bagimana jika media lukis yang digunakan adalah tembok-tembok di jalan terbuka?

Nah, para millennials yang tergabung dalam event "Reload Your Cans 2" menyulap tembok-tembok di sepanjang Jalan Dahor, samping Apartemen Pertamina, Balikpapan, Kalimantan Timur.

Kegiatan yang digelar sejak Sabtu (8/4) ini adalah garapan Rajab dengan mengundang seniman dari berbagai kota. Ada seniman dari Samarinda, Banjarmasin, dan yang terjauh dari Depok.

grafiti
Tembok di sepanjang Jl Dohor samping apartemen pertamina penuh warna, karya Mara Sukma dengan tema "cinta penuh warna", Minggu (9/4/2017). (TRIBUNKALTIM.CO/ALFIAH NOOR RAMADHANY)

Rajab menjelaskan event bagi para pecinta grafiti ini merupakan pertama kalinya dibuat dengan konsep yang berbeda.

"Tahun ini pertama kalinya kami menggunakan konsep dengan adanya stand jualan, food truck, dan musik. Biar beda juga suasananya, jadi nggak cuma menggambar, tapi teman-teman juga ada hiburan musik dan sambil melihat-lihat bisa sambil makan-makan," jelasnya.

Berdasarkan penuturan pemilik akun instagram @senjapasirbesi ini, pemilihan lokasi sebagai media gambar para seniman ini adalah permintaan warga.

"Jadi katanya di sini ada isu penggusuran. Warga jalan Dohor ini akhirnya meminta kami untuk melukis di tembok sepanjang samping apartemen sampai jalanan ke atas kampung di RT 49. Biar bisa dipertimbangkan katanya jika ada karya d isini, jadi bisa jadi objek wisata juga," katanya.

Rajab akan melakukan kolaborasi grafiti bersama dua seniman dari luar Balikpapan pada sore ini, Senin (10/4). Ketiga seniman berbeda kota ini akan membuat gambar potret dan master peace dari Bernad, seniman dari Depok.

"Senin masih menggambar-gambar temboknya. Cuma memang acara puncaknya Sabtu dan Minggu. Melukisnya ini bebas, sampai space temboknya habis. Saya rencananya akan kolaborasi melukis dengan konsep potret wajah dan master peace-nya Bernad, dan yang dari Banjarmasin, Jeffry," katanya.

Salah seorang pengunjung, Nadia mengakui, Reload Your Cans berguna untuk para seniman untuk menunjukkan bakatnya, sebab biasaya jarang orang peduli dengan kegiatan seperti ini.

"Jarang orang peduli, jadi kegiatan gini jarang banget yang ngadain. Semoga makin banyak orang- orang kreatif di Balikpapan yang berani nunjukin karyanya, nggak cuma diem-diem aja. Soalnya banyak yang malu ya," kata pemilik akun @nidiyyy ini.(*)

Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help