Kabar Kalimantan

Kapal Tanker dan Kapal Barang Tabrakan di Perairan Kalbar

Akibatnya kapal tangker yang membawa BBM mengalami kebakaran akibat laka tersebut .

Kapal Tanker dan Kapal Barang Tabrakan di Perairan Kalbar
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID / DHITA MUTIASARI
Kapal Tanker Samudra Biru 168 bermuatan BBM terbakar usai mengalami tabrakan diperairan Wajok Hulu, Jumat (7/3/2017) dini hari 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Dhita Mutiasari

TRIBUNKALTENG.COM, MEMPAWAH  - Dua kapal mengalami tabrakan di Sungai Kapkapal di wilayah perairan Km 10 Desa Wajok hulu kecamatan Siantan Kabupaten Mempawah, Jumat (7/4/2017) dini hari. 

Kapal yang tabrakan itu,  Kapal KM Rokan permai bermuatan kernel dengan Kapal Tanker Samudra Biru 168 bermuatan BBM.

Kapolres Mempawah AKBP Dedi Agustono S.Ik mengatakan kecelakaan air yakni tabrakan dua kapal ini terjadi Jumat (7/4/2017) sekitar pukul 00.30 WIB.

"Laka air antara Kapal KM Rokan permai bermuatan kernel dengan kapal tanker samudra biru 168 bermuatan BBM,  membawa Pertalite dan Pertamax sebanyak 3200 Kl,"ujarnya.

Laka air terjadi tepatnya di area Sungai Kapuas dengan titik kordinat 0°.01'176" N - 109° 15' . 652" E, tepatnya Didepan PT. ERA JAYA Km 10 Desa Wajok Hulu kecamatan Siantan Kabupaten Mempawah.

Akibatnya kapal tangker yang membawa BBM mengalami kebakaran akibat laka tersebut .

Dikatakan adapun saat itu kapal tangker tengah membawa anak buah kapal (ABK) berjumlah 22 orang beserta pandu kapal yang dipimpin oleh seorang nahkoda bernama Ishak dan juru mudi pada saat kejadian ialah Junaidi

Sementara untuk kapal KM Rokan permai saat itu tengah membawa ABK sebanyak 16 oran berserta 1 orang pandu yang dipimpin oleh nahkoda Johanis Viani Rambing bermuatan kernel dan dikemudikan oleh Fajri.s. Kapal kernel ini arah tujuan Pontianak Dumai

Menurut nakhoda atau awak kapal Rokan permai kecelakaan air itu terjadi di karenakan kemudi kapal tidak berfungsi lagi .

"Hal ini lantaran kapal mengarah ke kanan atau arah Pontianak- Dumai,"jelasnya.

Sementara pas dari berlawan arah ada kapal tangker KM samudra 168. Lantaran jarak sudah terlalu dekat dan TDK DPT dihindari lagi maka terjadilah laka tubrukan kapal.
 

Editor: Mustain Khaitami
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help