Jokowi dan SBY Bicara Empat Mata, Bahas Apa ya Mereka?

Wartawan tak diperbolehkan mengambil gambar Jokowi dan SBY saat makan siang, tetapi dipersilakan mengabadikan saat keduanya berbincang di Teras Istana

Jokowi dan SBY Bicara Empat Mata, Bahas Apa ya Mereka?
KOMPAS.com/IHSANUDDIN
Presiden Joko Widodo dan Presiden keenam Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (9/3/2017). 

TRIBUNKALTENG.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo mengajak Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono untuk mengobrol empat mata di Teras Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (9/3/2017).

"Veranda Talk" ini dilakukan setelah Jokowi dan SBY melakukan santap siang bersama.

Wartawan tak diperbolehkan mengambil gambar Jokowi dan SBY saat makan siang, tetapi dipersilakan mengabadikan saat keduanya berbincang di Teras Istana.

Pantauan Kompas.com, Jokowi dan SBY sudah berada di Teras Istana pukul 12.48 WIB.

Keduanya duduk di kursi yang sudah disediakan. Pramusaji Istana menyiapkan dua cangkir teh dan dua piring kue sebagai kudapan sembari berbincang.

Namun, tidak terdengar apa yang dibicarakan Jokowi dan SBY. 

SBY ingin bertemu

Saat menggelar jumpa pers di Kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta, Rabu (1/2/2017), SBY mengaku ingin bertemu dengan Jokowi.

SBY merasa perlu bertemu untuk membicarakan banyak hal terkait berbagai isu, terutama soal tuduhan yang selama ini diarahkan kepadanya.

"Saya sebetulnya ingin melakukan klarifikasi secara baik dengan niat dan tujuan baik supaya tidak menyimpang, baik Pak Jokowi maupun saya, prasangka, praduga, perasaan enak atau tidak enak, atau saling curiga," ujar SBY.

SBY kembali menyinggung soal dirinya yang dituduh menggerakkan dan mendanai aksi 4 November 2016, kemudian soal tuduhan dirinya terlibat upaya makar.

Bahkan, tuduhan dia memerintah mengebom Istana.

"Oleh karena itu, bagus kalau saya bisa bertemu, sekali lagi blak-blakan apa yang terjadi, apa yang beliau dengar supaya ada dialog, mana yang benar, mana yang tidak benar," ujar SBY.

SBY mengaku mendapat informasi dari tiga orang sumber bahwa sebenarnya Jokowi ingin bertemu dengannya. 

"Tetapi, dilarang dua, tiga, orang di sekeliling beliau. Dalam hati saya, hebat juga yang bisa melarang Presiden kita untuk bertemu sahabatnya yang juga mantan presiden," kata SBY. 

Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help