Kunjungan Kenegaraan

Santunan Korban Crane dari Arab Saudi Tak Jelas, Ini Kata Pihak Keluarga

Selain itu, pihak keluarga juga dijanjikan menunaikan ibadah haji sebanyak dua orang. Namun itu semua belum ada kejelasan dari pihak terkait.

Santunan Korban Crane dari Arab Saudi Tak Jelas, Ini Kata Pihak Keluarga
TRIBUNNEWS/HERUDIN
Raja Arab Saudi Salman Bin Abdul Aziz Al Saud melakukan shalat tahiyatul masjid di Masjid Istiqlal, Jakarta, Kamis (2/3/2017). Raja Salman berada di Masjid Istiqlal bersama Presiden Joko Widodo dan Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar. Kunjungan tersebut merupakan bagian dari rangkaian kenegaraan Raja Salman di Indonesia. 

TRIBUNKALTENG.COM, JAKARTA - Keluarga dari korban tewas kecelakaan crane di Mekkah tahun 2015 lalu mengaku sudah ikhlas apabila pihak kerajaan Arab Saudi tidak memberikan uang santunan senilai Rp 3,8 miliar dan menggratiskan ongkos naik haji.

Pasalnya, hingga kini tidak ada kejelasan apapun terkait bantuan tersebut.

Keluarga Ferry Mualidin (36) salah satunya. Ferry adalah satu dari delapan jemaah haji asal Jawa Barat yang tewas akibat tertimpa crane di Mekkah, Arab Saudi pada Jumat (11/9/2015) silam.

Ibu kandung Ferry, Zaenab membenarkan hingga satu tahun lebih berlalu janji dari Pemerintah Arab Saudi itu belum juga diterima oleh pihak keluarga bahkan hingga saat ini.

"Sampai saat ini, kami belum mendapat uang yang dijanjikan itu," ucapnya saat ditemui di kediaman Ferry di Jalan Kahuripan, Bekasi Barat, Kota Bekasi.

Padahal atas peristiwa itu, Pemerintah Arab Saudi menyatakan bakal memberikan uang santunan bagi keluarga korban sebesar 1 juta riyal atau 3,8 miliar, sementara untuk cacat fisik tetap sebesar 500.000 riyal atau Rp 1,9 miliar.

Selain itu, pihak keluarga juga dijanjikan menunaikan ibadah haji sebanyak dua orang. Namun itu semua belum ada kejelasan dari pihak terkait. ahun 2016 lalu, ia dan keluarga sempat mendatangi kantor Asrama Haji Embarkasih Jakarta-Bekasi menanyakan bantuan.

Hal itu belum berbuah hasil karena pihak penyelenggara haji belum mendapat informasi resmi dari pemerintah pusat dan Arab Saudi.

Lebih lanjut, seorang kerabat dari Ferry menuturkan berbarengan dengan kedatangan Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz Al Saud ke Indonesia pihaknya tidak ingin terkesan aji mumpung.

"Kami hanya ingin kejelasan soal janji itu. Kalau memang itu janji resmi dari pemerintah Arab Saudi, kapan realisasi," ucapnya.

Halaman
123
Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved