TribunKalteng/

MotoGP

MNC-Donald Trump Bakal Dibangun Sirkuit di Lido Jawa Barat, Ada Fasilitas Lengkap

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi memberikan rekomendasi pembangunan sirkuit balap oleh perusahaan properti MNC Land

MNC-Donald Trump Bakal Dibangun Sirkuit di Lido Jawa Barat, Ada Fasilitas Lengkap
FORBES.COM
Donald Trump bersama Hary Tanoesoedibjo dan istrinya, Liliana Tanaja Tanoesoedibjo. 

TRIBUNKALTENG.COM, JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi memberikan rekomendasi pembangunan sirkuit balap oleh perusahaan properti MNC Land yang bekerja sama dengan Organisasi Donald Trump di kawasan Lido, Jawa Barat.

"Menpora sudah menandatangani surat rekomendasi itu," kata Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga Gatot S Dewa Broto selepas pelantikan jabatan di Jakarta, Jumat (24/2/2017).

"Kami tidak memberikan izin karena aspek regulasi kami tidak mengenal izin, tapi rekomendasi," tambah Gatot.

MNC Land, lanjut Gatot, meminta izin pembangunan sirkuit balap melalui surat kepada Menpora pada akhir Januari 2017.

Permintaan izin sirkuit itu menyusul pembangunan sejumlah properti seperti hotel, vila, lapangan golf, maupun kondominium di Lido yang bekerja sama dengan organisasi milik Presiden Amerika Serikat tersebut.

"Untuk melengkapi kawasan itu menjadi lebih baik, bersama ini kami mengajukan izin untuk mengembangkan konsep membangun sirkuit dengan skala tertentu di Lido," demikian isi surat permohonan izin dari MNC Land.

MNC, dalam suratnya, juga menyebut pembangunan sirkuit balap di kawasan Lido itu akan memberikan nilai tambah untuk lingkungan di Jawa Barat, bahkan Indonesia, karena berskala internasional.

Gatot mengatakan surat rekomendasi Menpora pada tanggal 21 Februari 2017 itu juga mencantumkan sejumlah syarat yang harus dipenuhi oleh MNC Land.

Syarat itu antara lain koordinasi dengan Ikatan Motor Indonesia (IMI), tidak terdapat persengketaan lahan, persoalan Amdal (Analisis mengenai Dampak Lingkungan --Red) sudah selesai, dan kepastian agenda penggunaan sirkuit.

"Kami menghormati permohonan dari pihak MNC Land asal mereka memenuhi standar yang ditetapkan Federasi Motor Internasional (FIM)," tegas Gatot.

"Paling penting adalah kepastian tujuan pembangunan sirkuit itu apakah untuk MotoGP 2019 atau Formula 1," kata Gatot.

Gatot menambahkan, pembangunan sirkuit balap di Lido itu tidak terkait keputusan Dorna Sports (pemegang hak komersial MotoGP --Red) tentang pembangunan sirkuit MotoGP 2018.

"Kami optimistis Dorna masih fokus pada pembangunan sirkuit di Palembang, meskipun surat resmi belum diterima Menpora," ungka[ Gatot.

Meskipun telah mengajukan surat permohonan kepada Menpora, MNC Land juga tidak menyebutkan secara detail terkait bentuk sirkuit maupun luas lahan yang akan dibangun sirkuit itu.

Menpora juga menembuskan surat rekomendasi pembangunan sirkuit balap di Lido itu kepada Menteri Korodinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Menteri Agraria dan Tata Ruang, Gubernur Jawa Barat, Bupati Bogor, dan Bupati Sukabumi. (*)

Editor: Mustain Khaitami
Sumber: SuperBall.id
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help