TribunKalteng/

Inilah Para Napi Korupsi di Lapas Sukamiskin yang Terbukti Pelesiran

"Mengapa sampai terjadi karena pengawalnya tidak melaksanakan tugas pengawalan sebagaimana mestinya, tidak melekat," tambahnya.

Inilah Para Napi Korupsi di Lapas Sukamiskin yang Terbukti Pelesiran
TRIBUNNEWS/DANY PERMANA
Anggoro Widjojo (berkemeja biru) dibawa penyidik ke dalam Gedung KPK, Kamis (30/1/2014). Anggoro ditangkap di Cina setelah buron sejak 2009 karena diduga terlibat dalam korupsi proyek Sistem Komunikasi Radio Terpadu di Kementrian Kehutanan. 

TRIBUNKALTENG.COM, BANDUNG - Sebanyak tiga narapidana (napi) korupsi  di Lapas Sukamiskin terbukti menyalahgunakan izin keluar lapas dan memanfaatkannya untuk pelesiran.

Kepala Divisi Pemasyarakatan Kemenkum dan HAM Jabar Molyanto mengatakan, ketiga narapidana itu adalah Anggoro Widjojo, Rahmat Yasin, dan Romi Herton.

Molyanto menuturkan, dari hasil pengecekan, Anggoro tercatat pernah empat kali beraktivitas di luar lapas yakni pada tanggal 16 November 2016, 21 November 2016, 14 Desember 2016 dan 29 Desember 2016.

"(Anggoro) diizinkan keluar selama empat kali untuk keperluan berobat. Karena dia sakit komplikasi gula dan penyakit dalam lainnya. Namun setelah berobat tidak langsung kembali ke lapas dan sempat pergi ke apartemen Gateway," kata Molyanto saat ditemui di Lapas Sukamiskin, Kamis (9/2/2017) malam.

"Mengapa sampai terjadi karena pengawalnya tidak melaksanakan tugas pengawalan sebagaimana mestinya, tidak melekat," tambahnya.

Sementara itu, Romi Herton juga pernah tercatat dua kali beraktivitas di luar lapas. Pertama kali terjadi pada tanggal 28 dan 29 November 2016.

Saat itu ia diberi izin untuk menengok anaknya yang tengah sakit di sebuah rumah sakit di Palembang.

"Diizinkan dua hari namun di sini terjadi penyimpangan karena dalam izin kalapas itu sudah dinyatakan dengan tegas apabila bermalam harus di lapas terdekat yakni di Lapas kelas I Palembang, tapi tidak dilaksanakan.

Ini juga kesalahan pengawalan dan ketidakpatuhan Romi Herton," katanya.

Setelah itu, Romi pun pernah izin untuk berobat di Rumah Sakit Hermina Bandung pada 15 Desember 2016.

Halaman
12
Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help