TribunKalteng/

Kalteng Kita

Astaga! Bangunan Mangkrak, Begini Kondisi Lapas Sukamara

Hampir 95 persen bangunan Lapas Sukamara yang belum rrampung dan difungsikan itu tertutup oleh hutan dan semak belukar.

Astaga! Bangunan Mangkrak, Begini Kondisi Lapas Sukamara
Istimewa
Kondisi bangunan kantor Lapas Sukamara yang dipenuhi semak belukar. 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA – Bertahun-tahun tak diselesaikan, bangunan Lapas Sukamara, Kalteng, kini tak ubahnya seperti hutan. Beberapa bagian bangunan kini kondisinya juga rusak.

Fakta inilah yang ditemui Kepala Lembaga Pemasyarakatan Klas III Sukamara Nur Bambang ditemani oleh Kepala Lembaga Pemasyarakatan Klas II B Pangkalan Bun Arief Gunawan, Kepala Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Klas II A Palangka Raya Dyah Wandasari serta Humas Kantor Wilayah saat meninjau lokasi Lembaga Pemasyarakatan Klas III Sukamara yang terletak di jalan LP Sukamara.

Seperti dikutip dari Humas Kemekum dan HAM Kalteng, Bambang menyatakan peninjauan itu dilakukan guna menentukan langkah awal tentang bagaimana tindak lanjut ke depan agar Lapas Sukamara bisa operasional.

Hampir 95 persen bangunan Lapas Sukamara yang belum rrampung dan difungsikan itu tertutup oleh hutan dan semak belukar.

tribun Kalteng - Lapas Sukamara
Lapas Sukamara

Mulai dari struktur gedung kantor yang terlihat kumuh dan keropos karena struktur bangunan belum sama sekali tertutup lapisan plester sehingga terlihat rapuh dan berlumut oleh panas dan hujan.

Keadaan dapur juga sudah sebagian rusak total terutama bangian tungku dapur pecah berantakan, keadaan dinding dapur penuh dengan coretan yang tidak semestinya ada.

Pintu teralis dapur juga hilang entah kemana. Sampai pada atap dapur ditumbuhi tumbuhan semak belukar.

Keadaan yang terjadi diblok tahanan juga terlihat tragis sekali karena mulai dari plafon mengalami rusak berat, pintu sel jatuh terlepas dari tempatnya, kamar blok bahkan ada yang hancur total.

Pada tembok keliling Lapas belum sepenuhnya terbangun karena dibagian samping dan belakang hanya terlihat tiang pancang tembok saja. Semuanya tertutup oleh hutan dan semak belukar.

Bambang meneyatakan segera melaporkan keadaan ini kepada Kepala Kantor Wilayah dan Kepala Divisi Pemasyarakatan agar segera untuk ditindaklanjuti.

Harapannya, Lapas Sukamara dapat segera diperbaiki dan dioperasikan  agar tidak akan menimbulkan kerusakan yang lebih parah lagi terhadap bangunan yang sudah ada. (*)

Penulis: Mustain Khaitami
Editor: Mustain Khaitami
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help