Peluang Bisnis

Luar Biasa, Nilai Pasar Online Indonesia Tembus Rp 295 triliun

Adanya kebutuhan yang didukung dengan meningkatnya daya beli masyarakat juga menjadi pendorong pertumbuhan bisnis online.

Luar Biasa, Nilai Pasar Online Indonesia Tembus Rp 295 triliun
SURYA.co.id/M Taufik
Ahmad Zaky, CEO bukalapak.com saat di Surabaya beberapa waktu lalu 

TRIBUNKALTENG.COM, SURABAYA - Industry e-commerce Indonesia tumbuh pesat seiring terus meningkatnya penggunaan internet dan gadget di tanah air.

CEO bukalapak.com, Ahmad Zaky menyebut, ada beberapa faktor yang menjadi penyebab industry e-commerce tumbuh pesat di Indonesia beberapa tahun ke depan. Diantaranya, penetrasi internet yang akan tembus 250 juta pengguna.

Pertumbuhan e-commerce di Indonesia rata-rata 17 persen setiap tahun, dan nilai transaksinya juga terus meningkat.

Disebutnya, nilai pasar online Indonesia mencapai Rp 94,5 triliun pada 2013, dan pada 2016 diprediksi meningkat tiga kali lipat mencapai Rp 295 triliun.

Tanda-tanda peningkatan itu sudah muncul di penghujung tahun 2015. Di mana, transaksi melalui situs belanja online naik dua kali lipat dibanding hari-hari biasa.

"Di bukalapak.com sendiri, antusiasme belanja online masyarakat terlihat sangat tinggi. Kenaikannya sampai dua kali lipat dan lebih untuk barang-barang jenis tertentu," kata Zaki, akhir pekan kemarin.

Melonjaknya transaksi online di penghujung 2015 disebutnya hampir sama dengan lonjakan transaksi menjelang Lebaran beberapa waktu lalu.

Ada beberapa faktor yang menjadi alasan, diantaranya, banyak promo dan berbagai diskon yang digeber oleh hampir semua toko online pada momen tahun baru.

Adanya kebutuhan yang didukung dengan meningkatnya daya beli masyarakat juga menjadi pendorong pertumbuhan bisnis online.

Selain itu, di penghujung tahun kemarin, para pelaku bisnis online juga tergerak momen Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas).

Halaman
12
Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved