Peluang Bisnis

Batok Kelapa Jadi Barang Unik dan Artistik

Kerajinan batok kelapa yang ia buat seperti tempat lampu, bolpoin, gelas, mangkuk asbak gantungan kunci, pin, kalung, gelang, celengan dan teko.

Batok Kelapa Jadi Barang Unik dan Artistik
Nazmi Abdurrahman
Berbagai jenis hasil kerajinan dari batok kelapa ciptaan Sonny Octafiany, warga Jalan Kalidam, RT 01/08, Kota Cimahi, Sabtu (2/1/2016). 

TRIBUNKALTNG.COM, CIMAHI - Limbah tak selamanya hanya menjadi sampah. Dengan sedikit kreatifitas, limbah yang tidak bernilai bisa diubah menjadi 'mesin penghasil uang'. Salah satu contohnya cangkang atau batok kelapa.

Batok kelapa lazimnya bisa dimanfaatkan untuk menjadi arang. Namun ternyata, batok kelapa ini masih bisa diubah menjadi barang yang lebih bernilai dari sekadar arang.

Ditangan Sonny Octofiany (23) warga Jalan Kalidam, RT 01/08, Kota Cimahi, batok kepala dapat disulap menjadi kerajinan unik.

Tak sekadar kerajinan, Sonny juga mengubah batok kelapa menjadi barang yang memiliki fungsi.

"Bagi saya, membuat kerajinan tangan itu tak hanya terlihat unik, artistik, dan menarik secara kasat mata, tetapi juga punya fungsi dan kegunaan," ujar Sonny, saat ditemui di bengkel miliknya, Sabtu (2/1/2016).

Kerajinan batok kelapa yang ia buat seperti tempat lampu, bolpoin, gelas, mangkuk asbak gantungan kunci, pin, kalung, gelang, celengan dan teko.

"Beberapa produk batok yang saya buat, sudah dipesan dari Jakarta, Bali juga pernah," katanya.

Sonny yang belum memiliki toko sendiri ini mengaku lebih banyak menjajakan barang dagangannya dengan menitip di galeri-galeri seni hingga gerai-gerai di stasiun dan hotel.

Harga yang ditawarkan pun variatif, tergantung tingkat kesulitan pengerjaannya. Dikatakan Sonny, untuk aneka kerajinan yang diukir, dibanderol dengan harga Rp 5.000 sampai Rp 100.000.

Sedangkan untuk kerajinan tangan seperti teko, celengan dan gelas dibanderol dari harga Rp 25.000 sampai Rp 150.000.

"Untuk dudukan lampu harganya Rp 200.000 - Rp. 300.000," katanya. (bb)

Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved