Wisata Pantai Ujung Pandaran Makin Menjanjikan

Objek wisata pantai Ujung Pandaran di Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, kini makin diminati wisatawan lokal dan luar daerah.

Wisata Pantai Ujung Pandaran Makin Menjanjikan
net
Pantai Ujung Pandaran, Kotim 

TRIBUNKALTENG.COM, SAMPIT - Objek wisata pantai Ujung Pandaran di Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, kini makin diminati wisatawan lokal dan luar daerah.

"Sekarang lumayan. Walaupun bukan musim liburan, kadang banyak saja pengunjung yang datang, apalagi akhir pekan, biasanya ada yang datang," kata Ayub, penjaga salah satu penginapan di kawasan wisata tersebut, Kamis.

Pantai Ujung Pandaran berlokasi di Desa Ujung Pandaran Kecamatan Teluk Sampit. Pantai yang menghadap ke Laut Jawa ini berjarak sekitar 80 kilometer dari Sampit, Ibu Kota Kabupaten Kotim.

Saat musim libur lebaran, Ujung Pandaran menjadi objek wisata favorit yang didatangi puluhan ribu wisatawan. Tidak hanya dari Kotim, wisatawan yang datang juga berasal dari luar daerah seperti Seruyan, Katingan, Palangkaraya dan lainnya.

Seperti saat libur lebaran bulan lalu, panitia menyiapkan 40.000 tiket. Namun di luar dugaan, pengunjung sangat membeludak bahkan sempat terjadi kemacetan panjang beberapa kilometer sehingga sebagian pengunjung ada yang terpaksa balik arah dan baru kembali ke pantai itu pada hari berikutnya.

"Saat lebaran lalu benar-benar padat. Penginapan kami ini penuh semua, bahkan kami menambah pondok bongkar pasang. Masyarakat makin senang berwisata ke pantai ini," kata Ayub.

Saat ini jalan menuju Ujung Pandaran cukup lancar, namun ada beberapa titik yang masih diperbaiki dengan cara cor beton. Masyarakat berharap perbaikan jalan segera diselesaikan sehingga lalu lintas di kawasan itu menjadi lancar.

Pemerintah daerah memang terus membenahi objek wisata tersebut. Dalam proyek besar-besaran penataan kota, kawasan Ujung Pandaran termasuk salah satu lokasi yang akan ditata melalui program pendanaan tahun jamak.

Selain wisata pantai, di kawasan itu juga terletak wisata religi yakni makam seorang ulama yang sering dikunjungi umat muslim dari berbagai daerah di Kalteng. Kompleks pemakaman tersebut juga termasuk lokasi yang akan ditata.

Penataan itu tidak terlepas dari keinginan Bupati Kotim, H Supian Hadi yang bertekad menjadikan Sampit sebagai salah satu tujuan wisata di Kalteng. Untuk itulah pemerintah daerah mengucurkan dana cukup besar untuk penataan yang dilakukan bertahap pada 2013, 2014 dan 2015.

"Ujung Pandara itu kita tata dan benahi, di antaranya membangun bundaran kepiting dan ikan di kawasan itu. Saya sangat serius dengan keinginan menjadikan Sampit sebagai kota tujuan wisata karena sektor pariwisata sudah terbukti bisa mengangkat kesejahteraan masyarakat. Ini semua demi masyarakat kita juga," kata Supian Hadi.

Editor: Edinayanti
Sumber: Antara News
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved