Jalan Menuju Kecamatan Pedalaman Murungraya Rusak

Masyarakat mengeluhkan rusaknya kondisi jalan raya dari Purukcahu, Kabupaten Murungraya, Kalimantan Tengah,

Jalan Menuju Kecamatan Pedalaman Murungraya Rusak
antara
ilustrasi jalan rusak 

TRIBUNKALTENG.COM, PURUKCAHU - Masyarakat mengeluhkan rusaknya kondisi jalan raya dari Purukcahu, Kabupaten Murungraya, Kalimantan Tengah, menuju Saripoi Kecamatan Tanah Siang Selatan di pedalaman Murungraya.

"Kondisi jalan rusak sehingga pengguna kendaraan baik roda dua maupun mobil terpaksa ekstra hati-hati melintasi ruas jalan yang berbukit-bukit tersebut," kata seorang warga Purukcahu, Fauzi, Rabu.

Menurut Fauzi, tingkat kerusakan jalan sepanjang 15 kilometer itu sangat membahayakan masyarakat karena selain berlubang juga licin terutama ketika hujan turun, apalagi kondisi jalan tofografinya berbukit yang relatif tinggi.

Bahkan angkutan barang diantaranya mobil pikap dan truk terpaksa harus berhenti pada kaki bukit, hal ini dilakukan para sopir biasanya sambil menunggu kondisi jalan mengering.

Jika para sopir nekat pada saat kondisi jalan masih licin, kendaraan tak bisa jalan, para sopir harus minta bantuan kepada mobil lain dengan cara ditarik menggunakan tali.

"Anda bisa lihat sendiri, jalan tersebut saat ini kondisinya sangat memprihatinkan, rusak parah dan perbaikannya hanya tambal sulam, itu pun lamban lamban," katanya.

Masyarakat di kabupaten paling utara Kalteng itu mengharapkan kepada pemerintah daerah, untuk memangkas salah satu titik jalan yang tinggi yakni di kawasan Kurung Pajang guna memudahkan transportasi ke kecamatan pedalaman tersebut.

"Kritikan ini harus disampaikan agar menjadi perhatian pemerintah, karena kalau tidak, apa yang menjadi aspirasi masyarakat tidak akan ditanggapi. Karena sejak dulu kala masyarakat mendambahakn kondisi jalan yang memadai, karena sangat berkaikan kepada perekonomian dan aktifitas masyarakat," jelas Fauzi didampingi seorang warga Tanah Siang, Roni.

Bupati Murungraya, Perdie sebelumnya pernah mengatakan pembenahan dan peningkatan infrastruktur sudah menjadi visi dan misi dirinya bersama wakil bupati setempat.

"Selain program satu miliar rupiah satu desa dan satu kelurahan, pemerintah juga memprioritaskan pembenahan jalan dan jembatan khususnya lintas ibu kota dan Kecamatan termasuk Kecamatan Tanah Siang yang pelaksanaannya dijadwalkan efektif tahun 2014 mendatang," katanya.

Editor: Edinayanti
Sumber:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved