Senin, 24 November 2014
Tribun Kalteng

Bupati Minta Bangunkan Hotel Berbintang

Senin, 7 Mei 2012 14:28 WIB

Bupati Minta Bangunkan Hotel Berbintang
Kompas/Bayu Dwi Radius
Bupati Lamandau, Marukan Hendrik.

TRIBUN KALTENG.COM, NANGAU BULIK - Bupati Lamandau, Kalimantan Tengah, Marukan Hendrik, meminta dunia usaha membangun hotel berbintang di wilayahnya.

Kabupaten Lamandau memiliki potensi besar bidang perkebunan dan pertambangan, namun ketiadaan hotel membuat kalangan pengusaha hanya singgah jika datang ke daerah itu.

Marukan di sela-sela pertemuan dengan Gubernur Kalteng, Agustin Teras Narang, di Nanga Bulik, Lamandau, Senin (7/5/2012) ini, mengatakan, jika investor berminat membangun hotel bintang tiga saja paling tidak dengan 60 kamar, ia yakin tingkat huniannya akan cukup baik.

Di Lamandau, terdapat 22 perkebunan besar sawit dengan jumlah karyawan masing-masing cukup banyak, sekitar 3.000-4.000 orang.

"Jabatan mereka mulai direktur, manajer, hingga pegawai. Itu baru perkebunan. Di Lamandau juga ada pertambangan," katanya.

Para karyawan itu tentu membutuhkan tempat bermalam yang nyaman. Sekarang, mereka langsung pulang jika datang ke Lamandau. Kalau pun menginap, ibu kota Kabupaten Kotawaringin Barat yakni Pangkalan Bun dengan waktu tempuh sekitar dua jam dan memiliki beberapa hotel berbintang, lebih sering menjadi tujuan bermalam.

Menurut Marukan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamandau sebenarnya berkeinginan untuk membangun hotel, namun anggaran daerah masih diprioritaskan untuk kebutuhan masyarakat.

"Cobalah dunia usaha membangun hotel di Lamandau. Kami ingin tapi dananya terbatas," katanya.

Ketiadaan hotel berbintang membuat sebagian rombongan gubernur diinapkan di rumah jabatan, dan beberapa bangunan milik Pemkab Lamandau.

"Kami mohon maaf jika para anggota rombongan tidurnya tak nyenyak. Ini pedalaman dengan segala keterbatasan. Kami sudah berusaha semaksimal mungkin," ujarnya.

Editor: Halmien
Sumber: Kompas.com
berita POPULER

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas