• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 24 Juli 2014
Tribun Kalteng

Hebat, UI Bikin Mobil Ramah Lingkungan

Senin, 26 Maret 2012 20:55 WIB
Hebat, UI Bikin Mobil Ramah Lingkungan
ANTARA/Reno Esnir
Mobil listrik dipamerkan saat peluncuran Shell Eco- Marathon UI 2012 di Kampus Universitas Indonesia, Jakarta, Senin (26/3). Mobil listrik tersebut bertenaga baterai lithium dan diberi nama Arjuna, Nakoela, Sadewa hasil karya mahasiswa Universitas Indonesia. Kendaraan itu akan akan mengikuti perlombaan Shell Eco-Marathon Asia 2012 (SEM) di Sepang, Malaysia Juli mendatang. (

TRIBUNKALTENG.COM, JAKARTA -  Tim Shell Eco-Marathon (SEM) Universitas Indonesia(UI) meluncurkan tiga model kendaraan ramah lingkungan yang diberi namTim Shell Eco-Marathon (SEM) Universitas Indonesiaa Arjuna, Nakoela dan Sadewa.

"Kami berkreasi dan berinovasi untuk memenuhi kebutuhan kendaraan hemat energi di Indonesia," kata Rektor UI Prof. Gumilar Soemantri saat menggelar jumpa media di Jakarta, Senin.

Ketiga model kendaraan bikinan gabungan mahasiswa jurusan teknik UI itu akan disertakan dalam kompetisi SEM Asia tahun ini di Sepang, Malaysia.

Prototipe mobil Arjuna, yang beroda tiga dengan dimensi panjang 2.696 mm, lebar 940 mm dan tinggi 816 mm, menggunakan mesin berbasis baterai lithium dengan BMS yang tidak menghasilkan emisi.

Model ini memiliki body berbahan fiber glass berwarna merah serta menggunakan chassis Monocoque dan sistem pengereman hidrolik disk brake. 

Sedang prototipe Nakoela, yang memiliki panjang sebesar 2.690 mm, lebar 1.940 mm dan tinggi sebesar 815 mm, berbasis mesin bensin injeksi.

Model mobil berbobot 60 kilogram yang juga beroda tiga ini menggunakan sistem pengereman hidrolik disk brake, dan chassis monoque. Body Nakoela juga berbahan fiber glass namun berwarna jingga.

Sementara model Sadewa, yang juga disebut Kalabia Evo-2 karena merupakan hasil modifikasi model Kalabia, menggunakan mesin injeksi dan Engine Control Unit (ECU).

Mobil empat roda seberat 90 kilogram ini memiliki dimensi panjang 2.400 mm, lebar 1.250 mm dan tinggi 1.100 mm. Body mobil yang memiliki sistem pengereman hidrolik disk brake dan chassis aluminium alloy ini terbuat dari fiber glass warna putih.

Presiden Direktur dan Country Chairman PT. Shell Indonesia Darwin Silalahi mengatakan SEM diharapkan bisa menjadi inspirasi bagi mahasiswa dan pelajar bidang mekanik untuk berinovasi menghasilkan produk dengan penggunaan energi efisien.

Penilaian SEM antara lain berdasarkan desain dan kemampuan model kendaraan menempuh jarak paling jauh dengan bahan bakar hemat. 
Editor: Syamsudin
Sumber:
Komentar

© 2014 TRIBUNnews.com All Right Reserved l About Us l Privacy Policy l Help l Terms of Use l Redaksi l Info iklan l Contact Us l Lowongan
Atas