• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 23 Oktober 2014
Tribun Kalteng

Perusahaan Harus Ganti Kerusakan Jembatan Kalahien

Jumat, 10 Februari 2012 14:23 WIB
Perusahaan Harus Ganti Kerusakan Jembatan Kalahien
dok
kalahien
TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA  - Gubernur Kalimantan Tengah, Teras Narang, meminta perusahaan pemilik tongkang yang menabrak Jembatan Kalahien, menyediakan ganti rugi.

Pengaman tiang utama jembatan di Kabupaten Barito Selatan, Kalteng, itu hancur dihantam tongkang milik PT Marunda Graha Mineral.

Teras di Palangkaraya, Kamis (9/2/2012), mengatakan, nilai kerugian ditaksir sekitar Rp 5 miliar hingga Rp 6 miliar. Biaya itu dibutuhkan untuk membangun pengaman jembatan yang baru, dengan pengerjaan sekitar 4-5 bulan. Akan tetapi, kalaupun biaya tersedia, pengerjaan belum tentu bisa langsung dilakukan.

"Jika sungai dalam keadaan pasang, pekerjaan tak bisa dilaksanakan karena bagian pengaman didipasang dengan tiang pancang berupa pipa yang diisi semen cor. Kedalaman tiang dari dasar sungai mencapai 30-35 meter. Saya sudah minta Dinas PU Kalteng untuk menyiapkan semua yang dibutuhkan," ujar Teras.

Sebelumnya, Jembatan Kalahien di Desa Kalahien, Kecamatan Dusun Selatan, Barito Selatan, ditabrak tongkang pengangkut batu bara, Minggu (5/2/2012) sekitar pukul 02.30. Bagian pengaman tiang jembatan itu hancur dan tenggelam diterjang tongkang. Ujung alas beton untuk tiang jembatan juga terlihat rompal.  

"Pengaman merupakan bagian penting untuk mencegah jembatan langsung tertabrak kapal. Kerugian akan ditanggung perusahaan," kata Teras.
Editor: Edinayanti
Sumber: Kompas.com
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
10836 articles 39 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas