Murung Raya Berlakukan UMK Rp 1,4 Juta

Pemerintah Kabupaten Murung Raya, Kalimantan Tengah, mulai memberlakukan upah minimum

Murung Raya Berlakukan UMK Rp 1,4 Juta
dok
ilustrasi
TRIBUNKALTENG.COM, PURUKCAHU - Pemerintah Kabupaten Murung Raya, Kalimantan Tengah, mulai memberlakukan upah minimum kabupaten (UMK) tahun 2012 sebesar Rp 1.442.208 per bulan atau naik dari tahun sebelumnya Rp 1.212.208/bulan.

"Naiknya upah minimum kabupaten (UMK) tersebut sangat realistis dengan kondisi perekonomian di daerah ini," kata Kepala Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Murung Raya (Mura), Suharto di Puruk Cahu, Kamis (5/1/2012).

Menurut Suharto, penetapan UMK untuk tahun ini telah disepakati sejumlah pengusaha dan lembaga perlindungan pekerja setempat. UMK ini, kata dia, telah ditetapkan melalui peraturan gubernur Kalteng bersama upah minimum sektoral kabupaten (UMSK) Murung Raya dan saat ini sudah disosialisasikan kepada pihak perusahaan dan masyarakat.

"Kenaikan UMK dan UMSK yang diberlakukan mulai tahun ini masing-masing sekitar 19 persen dan merupakan tertinggi dibanding kabupaten lain di Kalteng rata-rata hanya 17 persen," katanya.

Suharto mengatakan, UMSK tahun 2012 untuk sektor pertambangan dan penggalian ditetapkan Rp 1.586.782/ bulan, sektor pertanian, perikanan, peternakan, kehutanan dan perkebunan Rp 1.572.355/bulan. Kemudian sektor bangunan Rp 1.629.611/bulan, industri pengolahan Rp 1.543.506/bulan serta jasa, listrik, gas dan air Rp 1.529.080/bulan.

"UMK tersebut sudah diberlakukan, namun pihak perusahaan tidak ada yang keberatan bahkan kini sudah menyesuaikan dengan gaji karyawannya," jelas dia.

Wakil Bupati Murung Raya Nuryakin meminta penetapan UMK dan UMSK 2012 yang telah diberlakukan tersebut harus sinergis dan tidak menyalahi peraturan yang berlaku.

"Diharapkan dalam penetapan upah ini tidak ada pihak yang merasa dirugikan," katanya.

Murung Raya adalah salah satu daerah pemekaran di Kalimantan Tengah.

 

Editor: Edinayanti
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved