• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Rabu, 3 September 2014
Tribun Kalteng

8 Provinsi Sudah Tetapkan UMP 2012

Jumat, 18 November 2011 13:16 WIB
8 Provinsi Sudah Tetapkan UMP 2012
web
ilustrasi
TRIBUNKALTENG.COM,  BANJARMASIN - Dari 33 Provinsi di Indonesia, sampai dengan 17 November 2011, baru delapan provinsi yang menetapkan Upah Minimum Provinsi (UMP) 2012.

Kedelapan provinsi itu ialah Sumatera Barat, Banten, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Maluku, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah dan Papua Barat.

Untuk mendorong percepatan proses pembahasan dan penetapan UMP tahun 2012, Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi  Muhaimin Iskandar telah menerbitkan Surat Edaran No.07/MEN/XI/2011 tentang Penetapan Upah Minimum 2012 dan Surat Keputusan No.20/MEN/XI/2011 Tentang Pembentukan Satuan Tugas Pemantauan Penetapan Upah Minimum 2012.

Dirjen Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Kemenakertrans Myra M. Hanartani saat di Banjarmasin mengatakan, terbitnya surat edaran itu dimaksudkan agar pemerintah provinsi secepatnya menetapkan upah minimum sesuai dengan jadwal waktu penerapan mulai awal tahun ini dan menegaskan kembali peran penting dari Dewan Pengupahan Daerah dalam proses penetapan upah minimum.

“Mekanisme dan tata cara penetapan upah minimum sebenarnya diatur dalam berbagai ketentuan. Tenggat waktu ditetapkannya upah minimum pun sudah ditentukan, tapi masih terdapat beberapa daerah yang sampai kini karena berbagai hal, masih belum dapat menetapkan upah minimum, “ kata Myra
 
Penulis: Hasby
Editor: Edinayanti
Komentar

© 2014 TRIBUNnews.com All Right Reserved l About Us l Privacy Policy l Help l Terms of Use l Redaksi l Info iklan l Contact Us l Lowongan
Atas