Musim Penghujan, Warga Diminta Waspada Demam Berdarah

Masyarakat di Kabupaten Murung Raya, Kalimantan Tengah waspada terhadap serangan penyakit demam berdarah dengue (DBD)

Musim Penghujan, Warga Diminta Waspada Demam Berdarah
Net
Nyamuk Aedes Aegypti
TRIBUNKALTENG.COM, PURUKCAHU - Masyarakat di Kabupaten Murung Raya, Kalimantan Tengah waspada terhadap serangan penyakit demam berdarah dengue (DBD) dan malaria karena saat ini sudah memasuki musim hujan.

"Saat ini sudah ada sejumlah balita dan anak-anak yang dirawat di rumah sakit, namun kondisinya masih baik," kata Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Puruk Cahu, Suria Siri kepada wartawan di Puruk Cahu, Jumat (11/11/2011).

Menurut Suria, meski penderita DBD di kabupaten paling utara Kalteng ini masih belum ada lonjakan atau kejadian luar biasa (KLB) namun masyarakat diminta tetap menjaga kesehatan lingkungan.   

Warga, kata dia, diminta  waspada terhadap sebaran penyakit yang disebabkan  Aedes Aegypti itu diantaranya dengan melakukan  pemberantasan sarang nyamuk (PSN) dalam menghadapi perubahan iklim yang berdampak pada perilaku penyakit menular serta pemberian bubuk abate.

"Pemerintah daerah juga nantinya akan memprogramkan pengasapan (fogging) guna mengantisipasi berjangkitnya penyakit DBD di daerah ini," katanya.

Suria menjelaskan, meski penyakit DBD di kabupaten paling pedalaman Sungai Barito ini belum termasuk penyakit tingkat kematian tertinggi dibanding penyakit lainnya, namun daerah ini masuk kawasan zona merah endemis malaria.

Untuk mencegah berjangkitnya penyakit yang disebabkan nyamuk "Aedes Aegypti" ini, katanya, diimbau kepada masyarakat terutama yang tinggal di daerah pedalaman untuk memperhatikan lingkungannya.

"Jagalah kebersihan lingkungan masing-masing, apalagi tempat tinggal mereka tidak jauh dari kawasan hutan dan kebun yang rawan penyakit malaria," katanya.
Editor: admin
Sumber:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved