Penonton Drama Kalang Barah Tegang

Pementasan drama Tragedi Kalang

Penonton Drama Kalang Barah Tegang
teaterharmoni.blogspot.
ilustrasi teater
BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN- Pementasan drama Tragedi Kalang Barah karya Syibrammulsi oleh Dapur Teater di Gedung Balairung Sari, Taman Budaya Kalsel, Rabu (2/11) pukul 16.00 Wita.

 berlangsung ramai. Penonton tegang saat ada adegan penembakan tokoh utamanya, Gusti Muhammad Seman oleh Tumenggung yang mengkhianatinya karena diiming-imingi kejayaan oleh pejabat Belanda, yaitu Residence Van Weart.

Diceritakan, tragedi berdarah itu terjadi di Benteng Baras Kuning di Dusun Kalang Barah, Hulu Barito pada 24 Januari 1905. Tumenggung berhasil menembak Gusti setelah berhasil merayunya agar Gusti mau meminjamkan pistolnya ke Tumenggung.

Usai kematian Gusti Muhammad Seman yang juga putra dari pejuang Kalsel, Pangeran Antasari, putrinya yaitu Gusti Zaleha bersumpah akan meneruskan perjuangan ayah dan kakeknya. Dia mewarisi semangat nenek moyangnya dalam membela Banua ini, yaitu Haram Manyarah Waja Sampai Kaputing.

"Ini merupakan persembahan kesembilan dari teater kami. Ini untuk memperingati ulang tahun ketiga teater ini yang jatuh pada 17 September lalu," terang sutradaranya sekaligus pemeran Gusti Muhammad Seman, Bayu Bastari Setiawan.

Bayu bersama belasan rekannya yang tergabung dalam Dapur Theater FKIP Sendratasik Unlam ini memainkan drama tersebut dalam dua kali penampilan. Pertama dimainkan pukul 16.00 Wita dan kedua pukul 20.00 Wita.

Penulis: Yayu
Editor: edi_nugroho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved