Puluhan Jembatan Kapuas-Mandomal Belum Dibenahi

Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah mengatakan puluhan jembatan

Puluhan Jembatan Kapuas-Mandomal Belum Dibenahi
web
ilustrasi
TRIBUNKALTENG.COM, KUALAKAPUAS - Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah mengatakan puluhan jembatan di ruas jalan Kuala Kapuas, Kecamatan Selat-Mandomai, Kecamatan Kapuas Barat belum dibenahi.
     
"Pascadibangun setahun lalu, kondisi puluhan jembatan "box culvert" pada ruas jalan  Kuala Kapuas-Sei Kayu-Mandomai memang belum dibenahi," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Kapuas, Amri Baharudin di Kuala Kapuas, Sabtu.
     
Direncanakan pembenahan puluhan jembatan tersebut akan dilakukan secepatnya dan sudah selesai pada akhir tahun 2011 ini, katanya.
     
Amri mengatakan, pembenahan puluhan jembatan hanya tinggal menunggu pengerjaan pada pengaspalan jalan yang melintasi jembatan itu serta pemidahan puluhan batang pohon kelapa yang dijadikan bantalan lintasan selama pembangunannya beberapa waktu lalu.
     
Saat ini katanya, tanah disekitar jembatan itu masih dalam tahap pemadatan setelah dilakukan penimbunan akibat dilakukan penggalian untuk pelaksanaan pembangunan jembatan.
     
"Jalan yang melintasi puluhan jembatan itu tidak bisa dilakukan pengaspalan langsung setelah jembatan selesai dibangun karena kondisi tanah bekas galian belum padat sehingga harus dilakukan pemadatan terlebih dahulu," katanya.
     
Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Kapuas Iberahim mengatakan secara tekhnis, jika dilakukan pengaspalan setelah pembangunan jembatan selesai dilaksanakan dan dilakukan pengaspalan maka kekuatan aspal pada jalan yang melintasi jembatan itu tidak akan bertahan lama sehingga mengalami kerusakan dan harus diaspal kembali.
     
Hal ini disebabkan oleh timbunan tanah yang masih labil akan terjadi penurunan ketinggian sehingga lebih rendah dari tinggi box culvert yang dibangun karena mengalami pemadatan yang diakibatkan oleh arus lalu lintas kendaraan bermotor yang melintasi jalan itu.
     
Sementara itu, beberapa warga setempat mengeluhkan kondisi puluhan jembatan di ruas jalan tersebut belum dilakukan penanganan oleh pemerintah daerah setempat sehingga beberapa pengendara sepeda motor yang melintasi jalan itu seringkali mengalami kecelakaan karena terjatuh.
     
Diharapkan pemerintah daerah setempat dapat melakukan penanganan puluhan jembatan di ruas jalan Kuala Kapuas-Mandomai itu, katanya.  

Editor: Edinayanti
Sumber:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved