• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Jumat, 1 Agustus 2014
Tribun Kalteng

Kontak Senjata TNI-OPM Telan Korban

Kamis, 14 Juli 2011 21:54 WIB
Kontak Senjata TNI-OPM Telan Korban
satria12-triawan.blogspot.com
ilustrasi pasukan TNI
TRIBUNKALTENG.COM, PAPUA - Seorang ibu bersama tiga anak kecil menjadi korban penembakan aparat militer di Kampong Kalome Kabupaten Puncak Jaya, Papua.

Mereka terluka dalam kontak senjata pasukan TNI AD dari Batalyon Infateri (Yonif) 753/ Arga Vira Tama (AVT) Nabire lawan gerombolan sipil bersenjata yang diduga Organisasi Papua Merdeka (GPK. Kejadiannya dua hari lalu, namun data korban baru didapat Kamis (14/702011).

Ny Dekimira (50 tahun), seorang ibu terkena tembakan pada kaki sebelah kanan. Anak kandungnya, Jitoban Wenda (4),  juga terkena luka pada kaki sebelah kiri. Dua anak lainnya, tetangga Dekimira, yakni Dekimin Wenda (3), dan Dimison Wenda (8) tahun. Keduanya nama terakhir terkena peluru pada kaki kiri. Keempat warga sipil itu menjadi korban pada insiden yang terjadi dini hari itu.

Terkait peristiwa kontak senjata tersebut, Wakil Ketua Komisi Nasional Hak Asasi Manusia Perwakilan Papua, Matius Murib menyayangkan aksi militer yang melukai anak-anak dan ibu- ibu. Menurutnya, pihak TNI dalam hal ini Kodam XVII/Cenderawasih jangan sampai menjadikan Papua target daerah darurat militer.

"Saya sangat menyayangkan peristiwa kontak senjata tersebut. Apa lagi yang menjadi korban adalah anak anak yang masih di bawah umur serta seorang ibu yang saat itu sedang tidur di dalam rumah honay ketika terjadi kontak sejata," tutur Matius Murib.

Ia juga menyesalkan sikap TNI akhir-akhir ini yang sering menggelar operasi di Puncak Jaya. Setiap ada operasi, hampir selalu diwarnai kontak tembak. Akibatnya sistuasi keamanan menjadi terganggu, dan membuat ratusan warga di Kampong Kalome mengungsi ke kampong-kampong lainnya yang lebih aman.
Editor: edi_nugroho
Sumber: Tribunnews
Komentar

Berita Populer
© 2014 TRIBUNnews.com All Right Reserved l About Us l Privacy Policy l Help l Terms of Use l Redaksi l Info iklan l Contact Us l Lowongan
Atas