• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Sabtu, 1 November 2014
Tribun Kalteng

Dambakan Pembukaan Jalur Penerbangan

Selasa, 24 Mei 2011 14:45 WIB
Dambakan Pembukaan Jalur Penerbangan
web
ilustrasi
TRIBUNKALTENG.COM, PURUKCAHU - Warga  di Kabupaten Murung Raya, Kalimantan Tengah kini mendambakan dibukanya kembali jalur angkutan udara rute penerbangan ke Puruk Cahu.
       
Menurut Abdurahman, ketika penerbangan dari Puruk Cahu ke Palangka Raya pulang pergi masih dibuka jarak tempuh dapat dipersingkat sekitar 55 menit, namun kalau melalui jalan darat cukup lama antara 8-9 jam.
       
"Kami harapkan penerbangan pesawat segera dibuka kembali guna memudahkan warga bepergian keluar daerah," katanya.
       
Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Murung Raya, Pajarudinnoor mengakui hingga saat ini penerbangan pesawat tujuan Puruk Cahu-Palangka Raya masih belum operasional.
       
Pihaknya kini masih menunggu realisasi pemberian subsidi penerbangan dari APBD Provinsi Kalteng tahun 2011 untuk rute ke kabupaten paling pedalaman Sungai Barito ini dan kabupaten lainnya.
       
"Kita harapkan dalam bulan depan penerbangan subsidi ini sudah dibuka kembali," katanya.
       
Penerbangan subsidi dari Bandara Dirung Puruk Cahu ke Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya ini menggunakan pesawat Aviastar jenis twin otter berpenumpang sekitar 20 orang.

Pada tahun lalu, jadwal penerbangan dibuka tiga kali dalam sepekan yakni setiap Senin, Rabu dan Jumat dengan tiket Rp455.000 per orang.  
       
Sementara Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalimantan Tengah, Muhammad Hatta mengakui saat ini sejumlah penerbangan perintis ke sejumlah kabupaten di Kalteng masih mendapat subsidi penerbangan.
       
Tahun ini pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah mengalokasikan dana subsidi penerbangan sebesar Rp26 miliar  yang bersumber dari APBD provinsi sekitar Rp18 miliar dan APBN Rp8 miliar.
       
"Dana subsidi dari APBD provinsi kini masih dalam tahap pelelangan dan kita harapkan pada Juni dan Juli sudah terealisasi," katanya.
       
Saat ini penerbangan yang mendapat subsidi melalui dana APBN sudah terealisasi sejak Januari 2011. PT Aviastar, merupakan maskapai pemenang lelang dan kini terbang melayani penumpang ke sejumlah kota di Kalimantan Tengah.
 
Rute penerbangan perintis dengan dana subsidi dari pemerintah pusat itu melayani Palangka Raya ke Muara Teweh Kabupaten Barito Utara, Buntok Kabupaten Barito Selatan, Tumbang Samba Kabupaten Katingan, Kuala Kurung Kabupaten Gunung Mas dan Kuala Pembuang Kabupaten Seruyan pulang pergi (PP).
       
"Dana subsidi penerbangan melalui APBD provinsi itu nanti selain melayani lima kabupaten tersebut juga ditambah kota lainnya seperti tujuan Palangka Raya ke Puruk Cahu Kabupaten Murung Raya, Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur dan Pangkalan Bun Kabupaten Kotawaringin Barat," kata Hatta.
 
Editor: Edinayanti
Sumber:
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas