Sempurnakan Naskah Lewat Latihan

Dari hari ke hari perkembangan dunia teater, khususnya teater modern di Kalsel, sangatlah mengesankan. Generasi muda banyak menjatuhkan pilihannya ...

Sempurnakan Naskah Lewat Latihan
Banjarmasin Post/Dok
H Adjim Arijadi
BANJARMASINPOST.CO.ID - Dari hari ke hari perkembangan dunia teater, khususnya teater modern di Kalsel, sangatlah mengesankan. Generasi muda banyak menjatuhkan pilihannya untuk berkreativitas dalam seni ini.
    
Salah satu naskah teater yang sering dipentaskan para seniman muda Banua adalah karya H Adjim Arijadi.
    
Ternyata, untuk menghasilkan sebuah naskah cerita untuk bisa ditampilkan ke pentas, tidaklah mudah. Bahkan terkadang memakan waktu berbulan-bulan.
    
Kepada Metro, Adjim yang dikenal juga sebagai Bapak Teater Modern Kalsel, mengungkapkan sebuah naskah bisa disempurnakan melalui proses latihan.
    
Dia mengatakan, terkadang saat proses latihan sudah berlangsung, ada beberapa bagian cerita yang harus dipotong atau ditambah.
    
"Naskah yang saya buat biasanya disempurnakan pada saat proses latihan. Meskipun terkadang ada juga naskah yang sudah sempurna tanpa harus melalui latihan," ujar Adjim.
    
Terkadang, kata dia, saat latihan ada bagian cerita yang harus ditambah atau dikurangi. Misalnya dari sisi cerita sangat bagus, namun saat diadegankan tidak bagus, maka bagian cerita tersebut harus dibuang.
    
"Dan bila ada bagian cerita ada yang dirasa kurang saat diadegankan, maka ceritanya harus ditambah," tambah pria yang bergelar Datu Mangku Adat dalam Kesultanan Banjar ini.
    
Dalam menghasilkan naskah yang benar-benar berkualitas, Adjim mampu menyelesaikannya paling cepat dalam satu minggu. Namun bisa juga bisa memakan waktu dua hingga tiga bulan.
    
Mengenai inspirasinya dalam membuat naskah, Adjim mengatakan, diperoleh melalui perenungan dan juga melalui berbagai buku-buku bacaan.
    
"Naskah saya buat melalui sebuah perenungan atau buku-buku bacaan lain sebagai referensinya. Terkadang, kalau sebuah cerita sudah ada dalam benak saya, kalau tidak ditulis akan sangat mengganggu pikiran saya. Jadi kalau malam terbangun, saya secepatnya menuliskannya," paparnya.
    
Naskah karya H Adjim Arijadi ini jumlahnya sudah lebih dari 100. Dan ada beberapa karyanya, yang sudah berhasil menyabet gelar juara pada festival teater tingkat nasional.
Editor: admin
Sumber: Metro Banjar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved